Raker Badan Legislasi dengan Menteri Kesehatan Cetak E-mail
Berita Utama
Kamis, 02 Juni 2016 21:00

 

 

Pada hari Kamis, tanggal 02 Juni 2016 Bapak Drs. H. Adang Daradjatun sebagai salah satu anggota Badan Legislasi DPR RI melaksanakan Rapat Kerja dengan Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K). beserta jajaran Kementerian Kesehatan membahas : penjelasan pemerintah dan pengesahan jadwal serta mekanisme pembahasan terkait pembahasan RUU tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Dalam penjelasannya, Menteri Kesehatan menyatakan urgensi pengesahan undang-undang ini terkait posisi Indonesia yang diantara dua benua dan menjadi jalur transportasi yang sibuk, ditambah dengan program pemerintah saat ini yang akan menjadikan Indonesia sebagai poros maritime dunia. Hal inilah yang memperbesar resiko Indonesia dalam hal kekarantinaan. Selain itu undang-undang lama sudah tidak relevan, yang didasari UU Internasional tahun 1953 dan tahun 1959. Sedangkan kekarantinaan sudah harus merujuk ke Undang-undang Internasional tahun 2005 yang disyahkan 2007.

Dalam sesi pendalaman ada beberapa hal yang disampaikan para anggota Badan Legislasi DPR RI, diantaranya :

 

  1. Apakah antar provinsi/pulau perlu juga dilakukan tindakan karantina?
  2. Diinformasikan pula bahwa DPR sedang melakukan pembahasan RUU tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan. Atas dasar hal tersebut perlu dilakukan sinkronisasi agar tidak terjadi duplikasi atau bahkan bertabrakan.
  3. Mengingatkan agar karantina dibuat secara bersama-sama sebagai suatu kesatuan yang integrative nasional, tidak setiap departemen terkait mengadakan masing-masing.
  4. Badan karantina diposisikan sebagai badan terdepan karena fungsinya cegah tangkal, dan bagaimana sinerginya dengan bea cukai?

 

Rapat ditutup dengan pengambilan kesimpulan yaitu kesepakatan mengenai jadwal dan mekanisme rapat dengan Pemerintah serta penyerahan DIM dari masing masing Fraksi. (06/06/2016.TGN)

foto: dpr.go.id


AddThis
 

Sholat Idul Fitri 2018 di Cipete Jakarta Selatan

News image

Anggota Komisi VI DPR RI, Drs. H. Adang Daradjatun Melaksanakan Sholat Idul Fitri di Kediamannya di Cipete Jakarta Selatan pada hari Jum'at 15 Juni ...

Jumat, 15 Juni 2018

Selamat Hari Raya Idul Fitri 2018

News image

Saya beserta Keluarga Besar Adang Daradjatun Mengucapkan: Selamat Hari Raya Idul Fitri 1439 H / 2018 M Mohon Maaf Lahir dan Batin  

Kamis, 14 Juni 2018

Adang Daradjatun Melepas Mudik Bareng BUMN 2018

News image

Anggota Komisi VI DPR RI Adang Daradjatun Melepas 'Mudik Bareng BUMN 2018' di Parkir Pantai Karnaval Ancol, Jakarta, Sabtu (9 Juni 2018) bersama Men...

Sabtu, 9 Juni 2018

next
prev