Mendapat Masukan dari Badan Karantina Pertanian Cetak E-mail
Berita Utama
Kamis, 09 Juni 2016 21:00

Pada hari Kamis tanggal 09 Juni 2016, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun bersama dengan Badan Legislasi DPR RI mengadapak Rapat Dengar Pendapat Umum dengan Badan Karantina Pertanian, Kementerian Pertanian RI.

Badan Karantina Pertanian dipimpin oleh Ibu Ir. Banun Harpini MSc, selaku Kepala Badan, dan didampingi para pejabat Badan Karantina yaitu : Drh Mulyanto MM (Sekretaris Badan) dan dua orang Kepala Pusat Dr Ir Antarjo Dikin MSc dan Drh Sujarwanto MM.

Dalam presentasinya, Ibu Banun menekankan tentang perbedaan antara karantina hewan dan tumbuhan dengan manusia yang perbedaan secara garis besarnya dapat dilihat dari :

· Jenis penyakit

· Objek

· Dan penanganan

Dalam sesi tanya jawab dan pendalaman juga terungkap bahwa kesulitan Badan Karantina di pelabuhan juga terkait dweeling time yang harus dilaksanakan cepat agar pelabuhan laut kita dapat mengikuti standar efisiensi waktu dunia yang pemantauan dweeling time pelabuhan laut Indonesia dipimpin langsung oleh Team Kepresidenan.

Selain itu juga terungkap kesulitan yang dialami Badan Karantina adalah keharusan dalam membayar tempat yang digunakan baik di bandar udara maupun di kompleks pelabuhan. Jumlah yang harus dibayarkan oleh Badan Karantina atas sewa disamakan dengan sewa komersial, padahal Badan Karantina adalah bagian pemerintah yang tidak mencari keuntungan.

 

Kembali ditekankan pula mengenai Rancangan Undang-undang yang diajukan Kementerian Kesehatan telah mengusulkan untuk menenpatkan Badan Karantina sebelum Kepabeanan karena Badang Karantina bertugas sebagai fungsi cegah tangkal dan memiliki misi menjaga kesehatan warga negara dan mahluk hidup lain di lingkungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. (10/06/2016. TGN)


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun

News image

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun, Dirgahayu Indonesiaku, Menjaga Rumah Indonesia. Indonesia Kerja Bersama, dengan semangat gotong royong untuk...

Kamis, 17 Agustus 2017

Adang Daradjatun Mengadakan Kunjungan ke Masjid Manba’ul Chaerat, Jakarta B

News image

BUMN memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara. Kedua, yang kaitannya deng...

Senin, 14 Agustus 2017

Acara pembukaan Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kemenperin

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Kendaraan Bermotor Roda Dua, Konveksi, Olahan Kue K...

Senin, 7 Agustus 2017

next
prev