Acara Serap Aspirasi Masyarakat di Kampung Nelayan Muara Angke, Jakarta Utara Cetak E-mail
Berita Utama
Sabtu, 12 November 2016 21:00

Pada hari Sabtu, 12 November 2016, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Bpk Drs. H. Adang Daradjatun, menyelenggarakan acara “Serap Aspirasi Masyarakat di daerah Muara Angke, Penjaringan Jakarta Utara.

Pada acara ini, sesuai dengan tugas Bpk. Adang di DPR RI sebagai Anggota Komisi VI dan Badan Legislasi, maka para tokoh yang hadir diantaranya perwakilan-perwakilan dari : Suku Dinas Perdagangan, suku Dinas Perindustrian Jakarta Utara, BRI KCP Muara Karang, tokoh masyarakat, Kelurahan, Kecamatan dan para ibu pelaku industri rumah tangga.

Dalam sambutannya Bpk Andi Gayo SH, selaku tokoh masyarakat wilayah penjaringan merasa bersyukur atas terlaksananya acara serap aspirasi ini, karena menurut beliau acara ini adalah bentuk silaturahmi seorang wakil rakyat yang benar-benar peduli dan mengunjungi masyarakat untuk mengetahui keadaan masyarakat secara langsung.

Dalam sesi sambutan selanjutnya yang disampaikan oleh Bpk Irwansyah Abadi selaku Pimpinan KCP BRI Muara Karang, berterimakasih kepada masyarakat yang telah lebih “melek” dengan produk-produk perbankan. Beliau mencatat, untuk wilayah operasional BRI KCP Muara Karang telah memiliki lebih dari 5.000 nasabah. Bpk. Irwansyah juga menekankan agar para pelaku usaha mikro memanfaatkan kesempatan ini untuk memperoleh informasi KUR dengan bunga sangat murah, yaitu sebesar 9%/tahun.

Dalam sesi pemaparan, Bpk Drs. H. Adang Daradjatun mengharapkan agar dari acara ini, para pelaku usaha mikro dapat memperoleh suatu “modal” untuk meningkatkan daya saing, terutama dengan telah berlakunya Masyarakat Ekonomi Asean. Modal finansial dapat dikonsultasikan dengan Bank BUMN penyalur KUR, dan modal perbaikan kinerja maupun produk dapat dikonsultasikan dengan para Kepala Suku Dinas Wilayah Jakarta Barat.

Dalam sesi tanya jawab secara langsung ibu-ibu pelaku usaha mikro langsung dengan sangat antusias menanyakan presyaratan, plafon dan nilai bunga yang harus dibayar. Diantaranya :

  1. Ibu Mul, yang ingin menajukan pinjaman untuk modal suaminya yang berprofesi sebagai nelayan. Pinjaman akan digunakan untuk membeli jaring baru.
  2. Ibu Tati yang ingin meminjam KUR untuk memperluas usaha peralatan olahraga bersama suami. Lebih lanjut, setelah dihitung secara singkat, bahkan Ibu Tati menyanggupi nilai cicilan dengan jangka waktu hanya satu (1) tahun.
  3. Ibu Novi yang telah membuat perkumpulan ibu-ibu nelayan yang secara bersama-sama melakukan kegiatan usaha mikro dalam produksi ikan asin, otak-otak dan produk olahan ikan lainnya. Kelompok ini memohon agar Sudin Koperasi dapat meningkatkan bentuk usahanya, perizinan dan peningkatan mutu produk agar dapat lebih diterima masyarakat luas.

Dalam pernyataan penutupnya Bpk. Adang menyampaikan sangat terkesan dengan semangat para ibu-ibu nelayan yang ingin meningkatkan kesejahteraan dengan membantu usaha suami melalui berbagai industri mikro rumahan. Pemerintah (Suku Dinas Koperasi dan Industri) dan BUMN harus membantu agar industri-industri mikro/rumahan ini dapat naik kelas sebagai penopang yang kuat bagi roda perekonomian negara kita. (12/11/2016.TGN)

Berikut ini video kegiatannya.

Berikut foto kegiatannya.


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Raker dengan Kementerian BUMN membahas Isu Penjualan BUMN

News image

Pada hari selasa, 10 Oktober 2017, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun mengikuti Rapat Kerja yang diadakan Komisi VI DPR RI dengan Kementerian BUMN. Dala...

Selasa, 10 Oktober 2017

Penerimaan Masukan Para Ahli Terkait UU LPMPUTS

News image

Pada Hari Senin, Tanggal 02 Oktober 2017, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun sebagai salah satu anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PKS, mengikuti Rapat...

Senin, 2 Oktober 2017

Kunjungan Ke Daerah Pemilihan Jakarta Barat

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun mengadakan Acara Kunjungan ke Daerah Pemilihan (kundapil) beliau, yaitu daerah pemilihan (dapil) DKI III yang meliputi...

Minggu, 1 Oktober 2017

next
prev