POLRI Beri Masukan Baleg Tentang Kewenangan Penyidikan KPPU Cetak E-mail
Berita Utama
Rabu, 18 Januari 2017 22:00

Adangdaradjatun.com, Jakarta (Rabu, 18 Januari 2017)Drs. H. Adang Daradjatun menghadiri Rapat Dengar Pendapat Badan Legislasi DPR RI agenda pemberian masukan atas RUU Larangan Praktik Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat oleh Bareskrim POLRI (Badan Reserse dan Kriminal Kepolisian Republik Indonesia).  Dalam rapat tersebut, Bareskrim Polri yang diwakili oleh Drs. Raja Erizman, Kepala Divisi Hukum, mengusulkan agar kewenangan KPPU untuk melakukan penyidikan dikaji ulang.

Raja Erizman mengatakan bahwa untuk menjadi penyidik harus melalui proses pendidikan dan harus memenuhi syarat dan kecakapan tertentu. Menurut Raja Erizman, KPPU dalam kewenangan penyidikan ini, tidak memenuhi kompetensi penyidikan tersebut.

“KPPU sebaiknya jangan menjadi penyidik, karena KPPU tidak memenuhi syarat sebagai penyidik” kata Raja Erizman dalam sesi pemapatan. Lalu untuk kewenangan penyidikan tersebut, menurut Raja Erizman, KPPU dapat berkoordinasi dengan POLRI.

Mengenai koordinasi kewenangan penyidikan antara KPPU dengan POLRI, Misbakhun mengusulkan bahwa KPPU bisa mencontoh format yang ada di Otoritas Jasa Keuangan. Otoritas Jasa Keuangan yang bergerak di bidang perbankan memiliki fungsi pengawasan yang bekerja sama dengan POLRI.

“Saya setuju kewenangan ini (penyidikan) tinggal di kepolisian. Kalau misalkan KPPU butuh penyidikan kita bisa mencontoh OJK yang menaruh perwiranya di OJK. Kita boleh melahirkan norma baru, tapi jangan mendelusi kewenangan dari kepolisian.” jelas Misbakhun dalam sesi tanggapan

Anggota Baleg yang lain menyayangkan lembaga-lembaga negara yang memiliki kewenangan penyidikan tetapi tidak memiliki sumber daya penyidik yang berkompetensi dalam bidang tersebut.

“Melalui pengalaman-pengalaman di lapangan, makin banyak lembaga-lembaga yang memiliki kewenangan penyidikan. Dan penyidik-penyidik tersebut tidak memiliki kompetensi penyidikan.” kata Henry Yosodiningrat anggota Badan Legislasi DPR RI.


AddThis
 

Adang Daradjatun Resmikan Pasar Nangka Baru, Jakarta Barat

News image

Masyarakat Tegal Alur yang biasanya dapat memenuhi kebutuhan belanja dapur sehari-hari di Pasar Nangka, tidak dapat lagi dapat belanja di pasar yang...

Rabu, 21 Februari 2018

Adang Daradjatun Berkunjung Ke Mangga Besar

News image

Pada hari selasa, 20 Februari 2018, pukul 09.00 WIB, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun menhadiri acara Ta’lim Bulanan Mushola Miftahul  Jannah, yang ber...

Selasa, 20 Februari 2018

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

next
prev