Kiprah 13 Tokoh Nasional Alumni SMA 1 Boedoet Jakarta Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 13 Maret 2017 22:00

Drs. H. Adang Daradjatun ketika menyampaikan sambutan dalam Lounching Buku berjudul "Torehan Kami Warnai Negeri" di Hotel Indonesia Shopping Center Jakarta, 13 Maret 2017.

SMA 1 Jakarta yang beralamat di Jalan Budi Utomo no. 7 merupakan sekolah negeri pertama dan tertua di Jakarta bahkan mungkin tertua di Indonesia. Sudah tentu sebagai sekolah negeri tertua, menghasilkan banyak lulusan atau alumni yang berkiprah di dalam maupun luar negeri. Dari banyaknya alumni yang dimiliki oleh SMAN 1 Jakarta berikut adalah 13 Tokoh Nasional yang terangkum dalam Buku yang berjudul Torehan Kami Warnai Negeri, Alumni Boedoet dalam Konstelasi Pembangunan Indonesia.

Bisa dikatakan ini merupakan karya pertama untuk mempersembahkah ulang tahun SMAN 1 Jakarta yang ke 70 pada tanggal 13 Maret 2016 satu tahun yang lalu. Buku ini baru bisa dipersembahkan saat SMAN 1 Jakarta Berulang tahun yang ke-71 saat ini yaitu tanggal 13 Maret 2017, namun tidak ada kata terlambat untuk mempersembahkan sebuah karya. 13 tokoh yang ada di dalam buku ini merupakan alumni Boedoet yang sudah menorehkan dan mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Sebut saja Adang Daradjatun, beliau merupakan tokoh penting bahkan menjadi ketua tim reformasi, saat pemisahan POLRI dari TNI yang sebelumnya mungkin sulit diwujudkan. M. Tachril Sapi-ie penguasha nasional yang telah melakukan proyek pipanisasi sepanjang 470 Km sejauh ini belum ada pengusaha yang menyamai proyek pipanisasinya.

Belum lagi, J.B. Sumarlin pernah dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di dunia versi majalah Euromoney pada tahun 1989. Surjadi Soedirdja, Gubernur Jakarta pertama yang berhasil mengumpulkan APBD mencapai angka Triliunan. Ada lagi tokoh di balik penanganan krisis moneter pada tahun 1997 yaitu Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Denny Januar Ali atau biasa disebut Denny JA., beliau baru saja mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award untuk Survei dan Konsultan Politik. Beliau membawa tradisi baru yaitu survei opini publik mengenalkan ilmu sosial kuantitatif. Lucya Andam Dewi merupakan tokoh literasi nasional, beliau perempuan pertama yang pernah menjabat ketua IKAPI Jakarta, Nasional, bahkan ASEAN.

Untuk lebih lengkap kiprah dan prestasi para alumni Boedoet terdapat dalam buku ini dengan bahasa sederhana tanpa mengurangi subtansinya. 13 tokoh yang ada bukan berarti hanya 13 tokoh yang menorehkan prestasinya, sudah pasti banyak juga alumni Boedoet yang memiliki prestasi, namun ini bisa dikatakan sebagai jilid pertama. Selanjutnya akan ada jilid kedua sebagai manifestasi pengabdian alumni Boedoet pada negeri.

Diharapkan dengan hadirnya buku ini bisa menjadi alternatif solusi permasalahan bangsa (pendidikan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya) saat ini dari sudut pandang alumni Boedoet yang telah berhasil menorehkan prestasinya.

Berikut ini foto kegiatannya.


AddThis
 

Pak Adang Hadir Dalam Acara Launcing PKS Muda Jakarta Utara

News image

Bertepatan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2017, Partai Keadilan Sejahtera meluncurkan PKS Muda. Acara peluncuran digelar di XXI Epi...

Minggu, 2 September 2018

Meriahkan HUT RI, Pak Adang Adakan Lomba Poco-Poco

News image

Tarian Poco-Poco adalah jenis tarian modern asli Indonesia yang kemudian banyak dijadikan sebagai gerakan dasar pada senam irama. Tarian ini mengamb...

Minggu, 26 Agustus 2018

Adang Daradjatun Hadiri Tablig Akbar Kampung Rawa Lele

News image

Hari Kemerdekaan Republik Indonesia diisi dengan berbagai macam kegiatan yang dilaksanakan secara kolektif oleh masyarakat. Jika sebelumnya Bpk. DRS...

Kamis, 23 Agustus 2018

next
prev