Kiprah 13 Tokoh Nasional Alumni SMA 1 Boedoet Jakarta Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 13 Maret 2017 22:00

Drs. H. Adang Daradjatun ketika menyampaikan sambutan dalam Lounching Buku berjudul "Torehan Kami Warnai Negeri" di Hotel Indonesia Shopping Center Jakarta, 13 Maret 2017.

SMA 1 Jakarta yang beralamat di Jalan Budi Utomo no. 7 merupakan sekolah negeri pertama dan tertua di Jakarta bahkan mungkin tertua di Indonesia. Sudah tentu sebagai sekolah negeri tertua, menghasilkan banyak lulusan atau alumni yang berkiprah di dalam maupun luar negeri. Dari banyaknya alumni yang dimiliki oleh SMAN 1 Jakarta berikut adalah 13 Tokoh Nasional yang terangkum dalam Buku yang berjudul Torehan Kami Warnai Negeri, Alumni Boedoet dalam Konstelasi Pembangunan Indonesia.

Bisa dikatakan ini merupakan karya pertama untuk mempersembahkah ulang tahun SMAN 1 Jakarta yang ke 70 pada tanggal 13 Maret 2016 satu tahun yang lalu. Buku ini baru bisa dipersembahkan saat SMAN 1 Jakarta Berulang tahun yang ke-71 saat ini yaitu tanggal 13 Maret 2017, namun tidak ada kata terlambat untuk mempersembahkan sebuah karya. 13 tokoh yang ada di dalam buku ini merupakan alumni Boedoet yang sudah menorehkan dan mewarnai perjalanan bangsa Indonesia. Sebut saja Adang Daradjatun, beliau merupakan tokoh penting bahkan menjadi ketua tim reformasi, saat pemisahan POLRI dari TNI yang sebelumnya mungkin sulit diwujudkan. M. Tachril Sapi-ie penguasha nasional yang telah melakukan proyek pipanisasi sepanjang 470 Km sejauh ini belum ada pengusaha yang menyamai proyek pipanisasinya.

Belum lagi, J.B. Sumarlin pernah dinobatkan sebagai menteri keuangan terbaik di dunia versi majalah Euromoney pada tahun 1989. Surjadi Soedirdja, Gubernur Jakarta pertama yang berhasil mengumpulkan APBD mencapai angka Triliunan. Ada lagi tokoh di balik penanganan krisis moneter pada tahun 1997 yaitu Dorodjatun Kuntjoro Jakti. Denny Januar Ali atau biasa disebut Denny JA., beliau baru saja mendapat penghargaan Lifetime Achievement Award untuk Survei dan Konsultan Politik. Beliau membawa tradisi baru yaitu survei opini publik mengenalkan ilmu sosial kuantitatif. Lucya Andam Dewi merupakan tokoh literasi nasional, beliau perempuan pertama yang pernah menjabat ketua IKAPI Jakarta, Nasional, bahkan ASEAN.

Untuk lebih lengkap kiprah dan prestasi para alumni Boedoet terdapat dalam buku ini dengan bahasa sederhana tanpa mengurangi subtansinya. 13 tokoh yang ada bukan berarti hanya 13 tokoh yang menorehkan prestasinya, sudah pasti banyak juga alumni Boedoet yang memiliki prestasi, namun ini bisa dikatakan sebagai jilid pertama. Selanjutnya akan ada jilid kedua sebagai manifestasi pengabdian alumni Boedoet pada negeri.

Diharapkan dengan hadirnya buku ini bisa menjadi alternatif solusi permasalahan bangsa (pendidikan, politik, ekonomi, dan lain sebagainya) saat ini dari sudut pandang alumni Boedoet yang telah berhasil menorehkan prestasinya.

Berikut ini foto kegiatannya.


AddThis
Comments
Add New Search
Write comment
Name:
Email:
 
Title:
Masukkan Kode Anti-Spam yang ada pada Gambar di Atas Pada Kolom Kosong Di Sampingnya

!joomlacomment 4.0 Copyright (C) 2009 Compojoom.com . All rights reserved."

 

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun

News image

Dirgahayu Republik Indonesia ke-72 Tahun, Dirgahayu Indonesiaku, Menjaga Rumah Indonesia. Indonesia Kerja Bersama, dengan semangat gotong royong untuk...

Kamis, 17 Agustus 2017

Adang Daradjatun Mengadakan Kunjungan ke Masjid Manba’ul Chaerat, Jakarta B

News image

BUMN memiliki dua tanggung jawab besar. Pertama untuk meningkatkan profit dalam rangka meningkatkan kesejahteraan negara. Kedua, yang kaitannya deng...

Senin, 14 Agustus 2017

Acara pembukaan Bimtek Produksi dan Kewirausahaan Kemenperin

News image

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun membuka acara Bimbingan Teknis Produksi dan Kewirausahaan bagi IKM Kendaraan Bermotor Roda Dua, Konveksi, Olahan Kue K...

Senin, 7 Agustus 2017

next
prev